Selasa, 21 Desember 2010

Nokia 5130 Xpress Music – Anggota Baru Xpress Music

27 Juli 2009 oleh bosgentongs

nokia 5130Cuma Nokia yang punya satu julukan sama untuk beberapa seri. Seri Xpress Music, contohnya, dipakai oleh lini produk yang diawali angka 5. Nah, kini hadir lagi anggota baru untuk seri Xpress Music ini, yakni Nokia 5130. Sama seperti para pendahulunya, seri ini juga dirancang sebagai ponsel musik kelas menengah. Tapi yang satu ini harganya lebih terjangkau.Positioningnya jelas, ponsel musik. Jadi fitur satu inilah yang dikedepankan. Itu terlihat dari kualitas speaker yang mampu menghasilkan suara yang lumayan prima. Dari tampilannya sendiri, tak banyak beda dengan serial Xpress Music lainnya, terutama seri 5220. Hanya, seri baru ini tampil lebih mungil sedikit. Fitur lain yang melengkapi ponsel ini adalah kamera 2 Mpix, koneksi internet berbasis GPRS, dan voice clarity. Di sini, Nokia 5130 tersedia dalam dua pilihan warna, yakni merah dan biru.

DESAIN
Tampil dengan desain sporty candy bar. Ukurannya lebih kecil dibanding serial Xpress Music yang lain. Namun tetap mementingkan kenyamanan dalam genggaman dan penggunaan (ergonomis). Namun begitu, dibanding yang lain, Xpress Music satu ini terkesan tampil agak klasik. Motif lubang speaker di sisi kiri kanan layar, serta short cut pemutar musik, meneguhkan posisinya sebagai ponsel musik.
Pengujian : mencoba beberapa tombol shortcut, tombol volume dan koneksi slot headset stereo 3,5 mm.
Nilai : 3,5.
Catatan : Untuk kemudahan bernavigasi musik, slot headset, slot charger dan slot koneksi data ditempatkan pada atas permukaan body ponsel.

MUSIK
Fitur musik mampu memutar melodi dengan format MP3/MP4/eAAC+ dan WMA. Menu pendukungnya mencakup shuffle, repeat, opsi equaliser, stereo widening dan music player theme. Seri ini juga sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth A2DP, menu music light, dan slot headset stereo 3,5 mm. Kualitas suaranya cukup prima.
Pengujian : memutar musik dengan mengaktifkan stereo widening.
Nilai : 3
Catatan : untuk koneksi radio masih mengandalkan koneksi dengan headset.

MEMORI
Sesuai dengan segmennya, ponsel ini dibekali memori internal sebesar 30 MB. Sedang untuk kartu memori tambahan, Nokia 5130 bisa mendukung maksimum 2 GB. Dalam versi jualnya sudah dibekali MicroSD berkapasitas 1 GB.
Pengujian : mengatur alokasi file data baik ke memori di ponsel dan memori eksternal.
Nilai : 3,7
Catatan : Nokia 5130 menggunakan konsep hot swap untuk memasukan dan mengeluarkan kartu memori. Jangan lupa tutup semua aplikasi sebelum menggunakan fasilitas hot swap.

INTERNET
Sebagaimana ciri khas ponsel Nokia, baik seri 60 dan seri 40 kini telah dilengkapi fitur setting wizard untuk pengaturan paramter internet dan MMS. Tidak ada yang rumit untuk menggunakan browser di ponsel ini. Setiap kartu yang Anda masukan, langsung bisa dikenali. Tentu sebelumnya kartu SIM sudah siap untuk GPRS.
Pengujian : membuka beberapa situs di halaman WAP.
Nilai : 3.
Catatan : Ponsel ini telah dilengkapi GPRS kelas 32, tapi tetap saja performanya masih dirasa kurang untuk kebutuhan browsing cepat.

FLASH MESSAGE
Flash message menjadi daya tarik dalam menu messaging. Flash message hanya mampu mengirim pesan sepanjang 70 karakter, tapi pesan ini dapat langsung ditampilkan di layar utama penerima secara langsung. Lain dari itu, long SMS dibekali hingga 1000 karakter. Fitur pendukung lainnya yakni audio message, instant messaging dan email.
Pengujian : mencoba flash message dan SMS reguler.
Nilai : 3.
Catatan : audio message berupa pengiriman voice recorder dengan durasi rekam maksimum 6 menit 18 detik.

KAMERA
Resolusi maksimum untuk kamera yakni 2 Mpix (1200*1600 pixels), sedang untuk rekam video adalah 176*144 pixels. Menu yang melengkapi adalah white balance, 4x zoom dan aneka opsi efek. Posisi layar view kamera bisa dirubah dari portrait ke landscape. Hasil foto dapat di share langsung lewat internet.
Pengujian : memotret dan merekam obyek dengan resolusi tertinggi.
Nilai : 2,9
Catatan : Bisa dibilang hasil jepretannya kurang tajam, untuk resolusi video pun masih sangat rendah. Tidak ada flash light dan cermin untuk self portrait.

VOICE CLARITY
Saat berada di ruang yang bising tentu sulit untuk menerima pembicaraan di ponsel. Untuk itu Anda bisa aktifkan fitur voice clarity. Fitur ini terdapat dalam call setting. Yang juga menarik, ponsel ini dibekali voice recognition dalam pilihan logat bahasa Indonesia.
Pengujian : mencoba menerima panggilan ponsel di pinggir jalan yang padat lalu lintas. Mengaktifkan fitur voice regocnation.
Nilai : 3,5.
Catatan : voice clarity sangat berguna untuk membantu orang yang kurang dalam kualitas pendengaran dan juga penglihatan.

Hasil Pengukuran Audio
Musik108,2 dBm
Ringtone107,5 dBm

Kinerja
Ponsel ini tak disiapkan untuk kepuasan layanan data dan kamera, tapi kualitas dan kemampuan pemutar musiknya sangat bagus untuk kelasnya. Bagian bawah back cover dibuat dengan lubang-lubang kecil untuk memperjelas pancaran suara musik. Rangkaian lubang dilindungi oleh lapisan plastik tipis yang transparan.
Skor Akhir : 3,1

Kinerja Baterai

Data Vendor
Untuk kebutuhan musik, ponsel ini dibekali baterai Li-Ion BL-5C berkapasitas 1020 mAh. Waktu siaga yang dimiliki hingga 288 jam dan waktu bicara hingga 6 jam. Sedang untuk waktu memutar musik bisa sampai 20 jam.

Hasil Pengujian
Baterai diisi penuh, lalu diputar musik sepanjang dua jam. Indikator bar baterai belum berkurang.

selular.co.id

TAMBAHAN

Karena seringnya pertanyaan pertanyaan tentang kerusakan / problematika tentang nokia nie q sertakan file untuk MeRPL nokia bila bermasalah Silahkan klik disini

Klo msih g Bza bisa Tanya tanya di forum nie

http://gsmindonesia.com/showthread.php/1298-Bagaimana-cara-nembak-rpl-dct4-asic-11-dg-mxkey

Mereset Nokia 5130 Xpress Music

CONTACT SERVICE.??????.kmngkinan karena 2 sebab
“Kug HpQ Tiap nyalain Keluar tulisan Contact service y??” Itu disebabkan karena ada software sistemnya broken gan coba di reset dulu klo g bisa di flash. SOFTWARE dan HARDWARE..maksimalin di software dlu gan.. Klo udah tpi msh Contact service brarti msalah da di hardware…”

Nah dari permasalahan itulah Karena Banyak permintaan temen-temen yang nanya bagaimana cara mereset Nokia 5130EM ini aku sengaja buatin artikelnya yang disadur dari blog tetangga berbahasa inggris. Nich aku sharingnya.

1. Soft Resset

Opsi ini digunakan untuk mengembalikan data settingan dari file .ini dari ROM memori HP
Tidak akan mengjapus data (photos, videos, documents) atau Program-program yang terinstal dari pihak ketiga. Kombinasi tombolnya *#7780#

2.- Total Reset atau Hard Reset

Opsi ini akan mengembalikan semua data sistem original dari ROM memori.
Memformat memory C: mendelete semua data termasuk dalam memori card. Key Code *#7370# . Kalo firmware tidak bisa mendetect kombinasi di atas gunakan dengan tombol call+bintang+3+power (secara bersamaan)
NB Tambahan: Untuk mereset HP, Baterai harus dalam keadaan full dan sebaiknya ketika di reset Ditancapkan pada charger saja. Berbahaya ketika sedang proses pengresetan HP tiba-tiba langsung mati akan merusak memory Hardware HP

Cara di atas tidak menjamin kalo di kemudian hari error lagi karana firmware nokia 5130 ternyata masih dalam banyak bug. Klo mau ganti firmware????

Untuk mengupdate firmware bisa dilakukan cara ini

sebaiknya update firmware ponsel aja, caranya
Sebelum melakukan update, pastikan bahwa
(1) Anda telah memback up seluruh data dan konten (kontak, foto dan pesan) dalam memori handset Anda
(2) Baterai handset telah diisi ulang sampai penuh
(3) Terdapat kartu SIM di dalam hanset Anda, dan profil dalam kondisi “Normal”

Selama proses update
(1) Jangan putus sambungan handset Anda dari PC Anda, atau mematikan handset Anda
(2) Anda tidak dapat menggunakan handset Anda bahkan dalam kondisi yang mendesak. (Selama update, handset Anda akan direstart)
Prosedur operasi
- Pastikan PC Suite telah di install di PC
http://www.nokia.co.id/dukungan-dan-software/software/nokia-pc-suite/download

- Jalankan Nokia Software Updater. Klik “Mulai”.
- Hubungkan handset ke PC menggunakan kabel USB, kemudian klik “Berikutnya”
- Software Updater secara otomatis akan mencari handset yang tersambung.
- Software Updater akan mencari update yang tersedia, Apabila software handset baru telah tersedia, maka akan ada konfirmasi upgrade.
baca juga disini

http:/www.nokia.co.id/A4779095

http://bosgentongs.wordpress.com/2009/07/27/nokia-5130-xpress-music-anggota-baru-xpress-music/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar