Jumat, 12 Maret 2010

Sebagaimana layaknya enginer komputer, sangat baik jika anda harus mengenal apa yang anda rawat maka berikut ini akan kami perkenalkan semua komponen/konfigurasi eksternal dan internal sebuah system operasi Windows XP. Pembahasan berikut ini dibatasi pada perangkat lunak sebab pengenalan perangkat keras akan dibahas tersendiri;

A. KONFIGURASI EKSTERNAL WINDOWS XP ( DESKTOP )

Desktop adalah pintu utama sebuah komputer dimana dari pintu inilah awal penjelajahan kita ke dalam komputer tersebut. Desktop dapat dikatakan sebagai wajah atau penampilan komputer Anda sehingga perlu diatur sedemikian rupa agar menarik bagi pemakainya. Dalam penggunaannya, desktop berhubungan dengan icon, wallpaper, screen saver, taskbar dan start menu program. Windows XP telah menyediakan fasilitas yang memudahkan pengaturan desktop dan lingkungannya tersebut. Pengaturan desktop yang menarik akan membuat pengguna nyaman dalam mengoperasikan komputer. Tetapi pengaturan dektop yang berlebihan akan membuat komputer boros memori dan bekerja dengan tidak efisien.
Tema sebuah tampilan (desktop theme) berhubungan dengan pengaturan icon, font, warna, sound, dan elemen-elemen Windows yang lain yang memberikan keunikan bagi desktop dan distinactive look. Anda dapat menganti tema, membuat tema sendiri dan kemudian menyimpannya dengan nama baru atau melakukan restore traditional Windows Classic sebagai tema desktop Anda.

B. KONFIGURASI INTERNAL WINDOWS XP

Dikatakan konfigurasi internal karena bagian ini tidak tampak dari Desktop, artinya bagian ini ada dibalik/didalam Desktop. Bagian ini biasanya berhubungan dengan kontigurasi dan maintenance sistem. Didalam bagian ini beberapa tool sistem telah disediakan, baik untuk melakukan konfigurasi kinerja, maupun untuk sekedar melakukan monitoring terhadap kinerja sistem yang sedang berjalan.
Pada bagian ini akan dibahas beberapa perangkat yang disediakan oleh internal Windows XP yang berhubungan dengan konfigurasi sistem seperti Control Panel, System Properties, MS Configuration dan Windows Registry dll. Nah… pada pembahasa-pembahasan saya selanjutnya, bagian internal inilah yang paling banyak dibahas.

CONTROL PANEL-1

Control Panel merupakan pusat pengontrolan sistem pada Windows XP. Control Panel tersebut bisa diaktifkan dari menu Start -> Setting -> Control Panel. Berikut akan dibahas beberapa hal dari bagian Control panel tersebut.

Accessibility Options

Bagian ini menyediakan informasi kemudahan akses {accessibility tersebut seperti bagaimana mengatur penyesuaian terhadap keyboard, mouse dan display atau tampilan Windows sesuai dengan yang Anda inginkan. Apabila di klik icon tersebut. maka akan masuk pada jendela pengaturan accessibility seperti di samping.
Gambar Accessibility Options
Terlihat pada jendela accessibility options tersebut memiliki empat tabulasi yaitu Keyboard, Sound, Display, Mouse dan General. Sebagai contoh, pada jendela Sounds Anda bisa mengaktifkan opsi-opsi untuk mengaktifkan sound warning. Pada jendela Display, Anda bisa memilih tampilan Windows yang paling kontras menurut Anda, pada jendela Mouse Anda bisa mengaktifkan opsi pengaturan mouse dengan keyboard dan sebagainya.

Add Hardware

Salah satu kelebihan Windows XP adalah kemampuan plug and play yang melebihi versi-versi Windows sebelumnya. Hal itu dikarenakan Windows XP memiliki driver hardware internal yang sudah disertakan ketika proses instalasi. Sebagai contoh. jika pada Windows versi sebelumnya Anda harus menginstall software driver USB Flash Disk untuk dapat mengenali perangkat Flash Disk yang dipasang, tetapi pada Windows XP hal itu tidak diperlukan karena Windows XP sudah memiliki driver internal yang mampu mengenali perangkat tersebut. Kelebihan dalam plug and play tersebut memang tidak berarti bahwa semua hardware pasti akan dikenali secara otomatis oleh Windows XP. Adakalanya hardware tersebut tidak dikenali oleh sistem operasi tersebut. Nah jika demikian, maka saatnya Anda menggunakan fasilitas Add Hardware pada Control Panel.

Pilihan Add Hardware akan membantu Anda untuk melakukan instalasi software yang mendukung hardware yang terkoneksi pada komputer tetapi belum terdeteksi oleh Sistem Operasi. Disamping itu pemilihan opsi ini akan membuat Windows melakukan penelusuran kesalahan yang terjadi pada in-konektifitas tersebut. Tekan tombol [Next] dan ikuti langkah-langkah yang diberikan fasilitas ini sehingga hardware dapat ditemukan oleh Windows XP.

Add or Remove Programs

Jika Add Hardware digunakan untuk menambahkan perangkat keras, maka pilihan Add Remove Program digunakan jika Anda ingin menambahkan perangkat lunak atau menghapusnya dari sistem komputer.
Ada tiga fungsi pokok dari jendela di atas yaitu Change Remove Program, Add New Program dan Add Remove Windows Component.

  • Change Remove Program digunakan untuk mengubah atau menghapus aplikasi yang sudah terinstall pada komputer.
  • Add New Program digunakan untuk menambahkan program aplikasi baru dari Master CD ROM atau Floppy Disk lainnya.
  • Add Remove Windows Component digunakan untuk menambahkan atau menghapus program yang berasal dari komponen Windows. Program-program yang berasal dari komponen Windows tersebut antara lain program-program Accessories, Internet Explorer, Windows Media Player, US, Outlook Express dan lain sebagainya.

Administrative Tools

Seperti namanya, tombol Administrative Tool biasa digunakan oleh seorang Administrator Windows dalam melakukan pengaturan komponen komponen servis seperti misalnya pengaturan manajemen komputer, data sources, monitoring system dan sebagainya.

Display Propertis

Control Panel Display digunakan untuk melakukan pengaturan hal-hal yang berhubungan dengan layar display monitor atau penampilan Windows. Jika bagian ini diaktifkan, maka akan muncul tampilan seperti di bawah.
Terdapat lima point pokok pengaturan display seperti yang teriihat pada tabulasi kotak
dialog di atas. Lima point tersebut adalah:

  • Themes.

Themes merupakan satu set pengaturan tema windows yang meliputi background, ikon, pewarnaan dan elemen-elemen lain yang behubungan dengan penampilan windows untuk membantu Anda melakukan personalisasi komputer dengan satu kali klik saja.

  • Desktop.

Display Desktop digunakan untuk memilih gambar-gambar background Windows, baik yang sudah disediakan oleh Windows atau gambar-gambar yang Anda sediakan sendiri. Pada bagian ini Anda juga bisa mengatur posisi background apakah Center, Tile atau Stretch. Selain itu Anda juga bisa melakukan Customize desktop untuk memilih sendiri bentuk-bentuk ikon yang akan ditampilkan

  • Screen Saver.

Screen Saver merupakan tampilan yang akan muncul secara otomatis pada layer Windows XP, jika komputer hidup tetapi sedang tidak digunakan untuk beberapa waktu yang ditentukan. Pada bagian ini Anda bisa mengatur jenis screen saver yang akan ditampilkan, durasi munculnya screen saver, dan sebagainya.

  • Appearance.

Tab appearance digunakan untuk mengatur style dari kotak dialog atau jendela-jendela yang akan digunakan. Sebagai contoh, Anda bisa memilih warna jendela, mengganti jenis serta ukuran font dan lain sebagainya.

  • Setting.
Kolom ini digunakan untuk mengatur kualitas warna color quality dan resolusi screen.Yang tertinggi dari color quality adalah true color (32 bit) untuk mendapat kualitas pewarnaan yang maksimal. Sedangkan untuk resolusi menyesuaikan dengan standard monitor yang digunakan. Sebagai contoh untuk monitor 14 inchi, standard resolusinya adalah 800 X 600. Untuk monitor 17 inchi, standard resolusinya adalah 1024 X 768.

Setting Taskbar and Start Menu

Di artikel sebelumnya kita membahas materi pengetahuan internet yaitu sitemap dan kesempatan ini materi kita alihkan lagi ke masalah belajar komputer.
Setting kontigurasi yang cukup penting lain dalam Windows XP adalah Taskbar and Start Menu. Setting tersebut bisa diaktifkan dari [Start > Control Panel > Taskbar and Start Menu].
Terdapat dua tabulasi utama yang mengelompokkan pengaturan kotak dialognya yaitu tabulasi Taskbar dan tabulasi Start Menu Taskbar merupakan kotak dimana start menu berada. Tabulasi Taskbar terbagi atas dua kelompok besar yaitu ;

Taskbar Appearance yang berisi pilihan ;

  • Lock the taskbar. Jika opsi tersebut diaktifkan, maka Anda tidak akan bisa memindahkan posisi taskbar dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • Auto hide the taskbar. Jika opsi tersebut diaktifkan maka taskbar akan berlaku auto hide yaitu akan muncul secara otomatis jika taskbar didekati mouse dan akan hilang otomatis jika mouse menjauh dari taskbar.
  • Keep the taskbar on top. Jika opsi tersebut diaktifkan, maka posisi taskbar akan selalu di atas aplikasi yang lainnya.
  • Group similar taskbar buttons.
  • Show Quick Launch. Jika opsi tersebut diaktifkan, pada taskbar akan muncul ikon-ikon aplikasi khusus yang tentunya akan memudahkan pengguna jika ingin menggunakan aplikasi tersebut.

Notification Area yang berisi ;

  • Show the clock. Jika opsi tersebut diaktifkan, pada bagian kanan taskbar akan muncul indikator atau penunjuk waktu (tanggal dan jam).
  • Hide inactive icons. Pilihan ini akan menyembunyikan ikon-ikon taskbar yang aplikasinya tidak sedang aktif.
  • Customize yang berisi piliha-pilihan yang dapat ditampilkan atau disembunyikan.

Sedangkan tabulasi Start Menu digunakan untuk melakukan pengaturan Start Menu. Start Menu merupakan menu yang muncul jika ditekan tombol Start pada taskbar. Start menu tersebut berisi daftar program-program aplikasi yang terinstall dan bisa digunakan pada Windows. Kotak dialog Start Menu ini adalah seperti yang terlihat pada gambar di bawah.

Beberapa opsi yang diatur pada kotak dialog di atas antara lain adalah :

  • Pemilihan model start menu. Ada dua model start menu yang bisa dipilih. Jika Anda mengaktifkan opsi Start Menu, maka start menu yang akan ditampilkan adalah start menu model standard Windows XP. Tetapi jika opsi Classic Start Menu yang dipilih, maka start menu akan muncul dengan bentuk klasik seperti yang dimiliki oleh Windows 98 atau versi sebelumnya.
  • Customize.Tombol Customize digunakan untuk melakukan kustomisasi lanjutan pada start menu seperti misalnya memilih model icon yang muncul pada start menu, menambah daftar yang akan dimunculkan pada start menu dan lain sebagainya.

SYSTEM CONFIGURATION UTILITY

Jika dalam belajar komputer anda senang dengan tweak sistem operasi Windows maka configurasi yang satu ini penting bagi anda. Microsoft Configuration dapat ditampilkan ketika Anda menjalankan file [MSConfig] yang berada dalam folder C:Windowshelpctr. Tetapi untuk menjalankan file tersebut, Anda harus login sebagai Administrator Windows. Untuk menjalankannya, gunakan [Start > Run...] dan kemudian mengetikkan [MSConfig] lalu klik [Ok]
Beberapa file penting yang berhubungan dengan konfigurasi Windows dapat diatur menggunakan kotak dialog ini yaitu :

  • System. ini.

File System.ini merupakan file yang digunakan untuk mengendalikan perangkat keras. Di dalamnya terdapat point-point pengaturan sistem Windows dari sisi driver yang digunakan, bit suporting aplication dan sebagainya.

  • Win.ini

File Win.ini digunakan untuk melakukan pengaturan desktop dan aplikasi. Seperti misalnya pengaturan Font, ekstensi file yang dikenali oleh Windows, aplikasi-aplikasi yangbisa dijalankan dan sebagainya.

  • Boot.ini

File Boot.ini merupakan file yang digunakan untuk melakukan pengaturan sistem pada saat melakukan booting komputer. Ada beberapa pilihan untuk melakukan setting pada bagian ini.

  • Startup.

Tabulasi Startup digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan beberapa file pada saat startup windows. Artinya Windows akan menyeleksi program mana saja yang akan di load ketika windows startup. Biasanya ada beberapa pilihan di sini untuk mempercepat startup windows. Jika anda berpikir bahwa suatu program tidak perlu langsung dijalankan ketika komputer baru sart up hilangkan saja tanda centang untuk program yang dimaksud.

  • Services.

Tabulasi Services digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan file-file services pada Windows. Untuk melakukan perubahan bacalah dengan baik keterangan setiap item. Sayang bahwa ada banyak yang tidak bisa dimengerti karena hanya menggunakan bahasa pabrikan software.

Catatan: Menu-menu di atas telah mengalami beberapa perubahan pada sistem operasi Windows Vista.

MANAJEMEN FOLDER

Jika harddisk adalah rumah sebagai tempat penyimpanan data, maka folder dapat diibaratkan sebagai ruangan-ruangan yang terdapat di dalam rumah tersebut. Bisa saja memang, jika Anda melakukan penyimpanan data tanpa dimasukkan di dalam folder, tetapi jelas akan menyulitkan pengaturan. Jadi untuk memudahkan pengaturan data, di buatlah kamar-kamar. Sehingga perlengkapan tidur bisa diletakkan di dalam kamar tidur, perlengkapan mandi bisa diletakkan di dalam kamar mandi dan perlengkapan makan diletakkan di dalam kamar makan, demikian seterusnya sehingga mudah bagi pemilik untuk mengelola perlengkapan yang dimilikinya.

TIPS: Mengatur Folder Atribute
Buatiah sebuah foder. Pada kasus ini akan dibuat folder [Video] di dalam harddisk drive D. Buka Windows Explore dan klik drive D. Pada tempat yang kosong disebelah kanan klik kanan mouse dan pilih [New > Folder] setelah di klik pilihan Folder, maka akan muncul folder baru yang bisa Anda beri nama dengan bebas. Berikan nama folder tersebut [Video].

Untuk mengatur status foder, klik kanan folder tersebut dan pilih Properties. Akan muncul tampilan folder attributes dengan tiga tabulasi yang terdapat dalam Folder Properties

  • General. Tab ini berisi informasi mengenai nama, type, size dll. Pada bagian attribute ada dua attribute pokok yang bisa diterapkan pada folder yaitu Read Only dan Hidden. 1) Read Only, membuat folder akan mempunyai sifat hanya bisa di baca isinya, tetapi tidak bisa digunakan untuk menyimpan data baru. 2) Hidden akan membuat folder tidak ditampilkan pada Windows explorer (kecuali pada kondisi tertentu). Sharing. Jika komputer dalam lingkup kerja network, bagian ini akan berisi informasi sharing folder dan hak akses terhadap folder oleh user lain dalam jaringan
  • Customize

Ada tiga pilihan pada bagian Customize ini

  • What kind of folder do you want ?. Artinya untuk tujuan apakah folder tersebut dibuat. Pada bagaian drop down ada banyak pilihan yang bisa kita pilih
  • Folder picture. Artinya gambar apakah yang ingin kita tampilkan pada bagian depan folder.
  • Folder icon. Artinya model ikon yang bagaimana yang akan kita gunakan untuk folder tersebut. Bagian yang paling sering dipakai pada tab ini adalah memodifikasi folder icon dan folder picture. Perhatikan beberapa folder berikut :

manajemen_folder1

Semua ikon-ikon di atas sebenarnya bukanlah drive, tetapi folder yang ikonnya dimodifikasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar